Tuesday, December 22, 2020

Ringkasan Ta'lim Malam Selasa MT. Al Amin Kota Semarang 21 Desember 2020

Al Habib Ali Ridho Assegaf  & Al Habib Nagib Syahab

 

AN NASHAIH AD DINIYAH LIL HABIB ABDULLAH AL HADDAD

#Keutamaan Surat - Surat Dalam Al  Qur'an

- Surat Al Fatihah

Rasulullah SAW bersabda tentang keutamaan Surat Al Fatihah diantaanya adalah :

Surat Al Fatihah adalah surat yang paling utama dalam Al Qur'an. Dan Surat Al Fatihah terdiri dari 7 ayat. Adapun Surat Al Fatihah, ayat kursi, dan 2 ayat terakhir surat Al Baqoroh adalah surat atau ayat yang diambil langsung atau berasal dari brangkas atau pet berharga milik Allah. 

Surat Al Fatihah berkhasiat sesuai niat dari pembacanya. Apabila diniatkan untuk kesembuhan, maka akan menyembuhkan, dlsb


- Ayat Kursi

Ayat Kursi adalah pemimpin dari semua ayat dalam Al Qur'an. Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa yang membaca ayat kursi disetiap selesai sholat wajib lima waktu, maka baginya tidak ada jarak dengan surga melainkan hanya kematian."

Dan diantara keutamaan ayat kursi adalah :

"Barangsiapa yang membaca ayat kursi ketika akan tidur, maka tidak akan didekati syaithan sampai shubuh."

Diantara ayat-ayat Al Qur'an yang dianjurkan untuk dibaca :

- 2 Ayat terakhir surat Al Baqoroh

"Barangsiapa yang membaca 2 ayat terakhir surat Al Baqoroh, maka akan Allah cukupkan segalanya." Rasulullah SAW bersabda, "Ajarkan bacaan 2 ayat terakhir Surat Al Baqoroh pada isteri dan anak-anakmu, karena dalam ayat tersebut terdapat sholat dan do'a.

Al habib 'Abdullah Al Haddad berkata, "Seyogyanya engkau ajarkan bacaan 2 ayat terakhir surat al baqoroh kepada anak-anak kalian. Jika belum membaca, maka hendaknya dituliskan pada kain atau kertas dan dikalungkan. Dan jika mampu membacanya, maka melakukan keduanya adalah baik bagimu, isterimu, dan anak-anakmu."

Sayyidina 'Ali KW berkata, "Tidaklah aku mengenal orang yang beriman, yang mana mereka berakal, pastilah akan membaca 3 ayat terakhir surat al baqoroh sebelum tidur."



AL ARBA'IN AN NAWAWI LIL IMAM AN NAWAWI

Diriwayatkan oleh Abu Hurairah RA., Sahabat Abu Darda' RA datang kepada Nabi SAW. kemudian ia meminta nasihat kepada Nabi SAW. Dan Nabi SAW memberi nasihat kepadanya, "Janganlah engkau marah!", Sahabat kembali meminta nasihat, adalagi Yaa Rasulallah? Rasul menjawab, "Janganlah engkau marah!" dan diulangi sampai 3x."

Dalam sebuah riwayat, Rasulullah SAW pernah bertanya, "Siapakah orang yang paling kuat? maka Rasulullah menjelaskan, orang yang paling kuat adalah mereka yang mampu mengendalikan emosinya dikala marah,"

Dalam sabda lain Rasulullah SAW bersabda, "Orang marah itu seperti orang yang memegang bara api."

Ketika sedang berkhutbah, Rasulullah SAW bersabda, "Apakah kalian tahu orang yang marah itu seperti apa?" Rasulullah SAW menjelaskan, yaitu orang yang di hatinya ada bara api, yang mana urat-urat lehernya kencang dan wajahnya memerah,"



AR RISALAH AL MU'AWANAH LIL HABIB ABDULLAH AL HADDAD

#MENASIHATI ORANG LAIN

- Jangan menasihati orang lain atas keslahannya di depan umum

Syarat dan Adab menasihati orang lain :

- Jangan merasa lebih baik dari orang yang dinasihati

- Menasihati dengan niat untuk kebaikan

- Menasihati dengan kata-kata yang baik, tanpa menggurui

Baca Juga
Share:

0 komentar:

Subscribe Channel Kami

Follow by Email