Tuesday, November 10, 2020

Ringkasan Kajian Malam Selasa 9 November 2020 MT Al Amin Kota Semarang


 

AL ARBA'IN AN NAWAWIYAH LIL IMAM AN NAWAWI

#HADITS KE - 27

Hadits yang diriwayatkan oleh Sahabat Nawwas bin Sam'an, "Kebaikan itu adalah akhlak yang mulia. Agama seluruhnya adalah akhlak yang mulia."

Diakatakan orang itu berakhlak mulia adalah mereka orang-orang yang mengikuti akhlak  / ajaran Baginda Rasulullah SAW., serta menjauhi larangan.

"Barangsiapa tidak memiliki 3 perkara ini maka ia tidak akan merasakan manisnya iman. Yaitu, ilmu yang dapat menangkal kebodohan dari orang-orang yang bodoh, Sikap Wara' terhadap dunia, serta berperilaku lemah lembut terhadap sesama."

"Perbuatan Dosa adalah perbuatan yang membuat resah dalam hati. Dialah orang-orang yang diberikan cahaya di hatinya. Dan perbuatan dosa juga merupakan perbuatan yang manakala diperlihatkan ke orang sholeh maka akan timbul rasa malu."

 

AR RISALAH AL MU'AWANAH LIL IMAM AL HABIB 'ABDULLAH BIN MUHAMMAD AL HADDAD

#CINTA KARENA ALLAH & BENCI KARENA ALLAH

Diantara tanda atau nasehat agar seseorang cinta dan benci karena Allah adalah :

- Hendaklah engkau berlemah lembut kepada sesama Muslim dengan menampakan kebaikan dan menutup keburukan.

- Hendaknya kita bisa menyatukan atau mendamaikan dua orang yang berselisih. Karena dalam mendamaikan diantara dua orang yang saling berselisih itu lebih baik dari sholat Sunnah dan Puasa Sunnah sebagaimana Sabda Rasulullah SAW., terutama mendamaikan antara Bapak dan anak, antara kerabat, ponakan dengan pamannya, dlsb.

- Hati-hati jangan sampai lisan ini menjadika permusuhan dengan Namimah dan Ghibah, karena ini adalah sesuatu dosa yang besar di Sisi Allah SWT. Dan tidak akan masuk surga orang yang mengadu domba. Dan Namimah adalah paling dibenci oleh Allah, dan Ghibah itu lebih buruk dari Zina sebagaimana yang telah disabdakan oleh Rasulullah SAW.

Allah SWT berfirman (Firman Allah kepada Nabi Musa AS) dalam Hadits Qudsi-Nya lewat sabda Kekasih-Nya, "Barangsiapa bertaubat dari dosa ghibahnya kemudian ia meninggal, maka ia akan menjadi orang yang terakhir masuk Surga. Dan jikalau ia tidak bertaubat dari dosanya, maka ia akan menjadi orang yang pertama masuk Neraka."

 


 

 

AN NASHAIKH AD DINIYAH LIL IMAM AL HABIB 'ABDULLAH BIN MUHAMMAD AL HADDAD

#ANJURAN MEMBACA AL QUR'AN

- Dan seyogyanya bagi seseorang yang tidak menghafalkan Al Qur'an untuk sering-sering mendengarkan bacaan orang lain dengan niat mendengarkan betul-betul.

- Barangsiapa yang bertujuan mendengarkan Al Qur'an maka Allah tulis baginya pahala berlipat ganda. Dan barangsiapa yang membacanya, maka Allah akan berikan cahaya di hari Kiamat, sebagiamana disabdakan oleh Baginda Nabi SAW.

Dan Rasulullah SAW juga senang mendengarkan bacaan  Al Qur'an dari Sahabatnya RA. Dan ketika telah selesai mendengarkan bacaan, maka Rasulullah SAW mendo'akan para pembaca Al Qur'an dari Ummatnya seluruhnya.

 

Baca Juga
Share:

0 komentar:

Subscribe Channel Kami

Follow by Email