Kisah Imam Asy Syibli Disambut & Dicium Rasulullah SAW

 


Suatu hari datanglah Imam Asy Syibli kepada Ibnu Mujahid, maka langsung disambut dengan pelukan oleh Ibnu Mujahid bahkan juga dicium kening yang ada diantara kedua matanya. (Mencium kening merupakan tanda kehormatan yang dilakukan oleh orang Arab).

Asy Syibli pun bertanya kepada Ibnu Mujahid, kenapa engaku berbuat seperti ini?

Ibnu Mujahid pun menjawab, "Aku bermimpi berjumpa dengan Rasulullah SAW di dalam mimpiku, dan aku pun melihat engkau berjalan menghadap Rasulullah SAW.  Ketika engkau dihadapanya, Rasulullah SAW pun langsung  berdiri menyambut engkau, bahkan mencium kening yang ada diantara kedua mata engkau.

Kemudian aku bertanya kepada Rasulullah SAW, kenapa engkau berbuat seperti ini kepada Asy Syibli ?

Rasulullah SAW pun menjawab, "Karena dia tidaklah mengerjakan Sholat wajib kecuali selesai sholat itu dia membaca kalimat : 


" لَقَدْ جَاءَكُمْ رَسُولٌ مِنْ أَنْفُسِكُمْ عَزِيزٌ عَلَيْهِ مَا عَنِتُّمْ حَرِيصٌ عَلَيْكُمْ بِالْمُؤْمِنِينَ رَءُوفٌ رَحِيمٌ 

# فَإِنْ تَوَلَّوْا فَقُلْ حَسْبِيَ اللَّهُ لَا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ۖ عَلَيْهِ تَوَكَّلْتُ ۖ وَهُوَ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيمِ."

"صلى الله عليك يا محمد


"Maka sekarang wahai Syibli, apakah benar engkau melakukan itu ?" 

Asy Syibli pun menjawab, "Iya benar..."

Subhanallah... begitulah kisah Imam Asy Syibli disambut dan dicium keningnya oleh Rasulullah SAW karena setiap selesai sholat wajib, beliau mengamalkan membaca ayat tersebut. Satu amalan yang boleh dan patut kita tiru agar mendapat kemuliaan yang sama pula, Semoga Allah mudahkan kita untuk dapat mengamalkan setiap ilmu yang diberikan kepada kita, Aamiin...

Post a Comment for "Kisah Imam Asy Syibli Disambut & Dicium Rasulullah SAW"