Ketika Imam Malik Disengat Kalajengking Hingga 16X


 

Diriwayatkan oleh para Ulama di majelisnya. Yakni di Raudhah,  Imam Malik RA mengajarkan hadist Rasulullah SAW. Bila ingin menyampaikan pelajaran tentang hari-hari Arab atau syair-syairnya, ia mengajarkannya begitu saja. Akan tetapi apabila hendak mengajarkan ihwal hadist Rasulullah SAW atau diminta suatu hadist Nabi SAW, Imam Malik RA mandi terlebih dahulu, memakai wewangian, dan mengenakan pakaian terbaik yang ia miliki, kemudian duduk dan mulai mengimlakan (menulis) atau membacakan hadist-hadist berdasarkan periwayatannya.

Suatu hari, Imam Ibnu Mubarak RA duduk di majelis Imam Malik RA yang saat itu di tengah menyampaikan hadist Rasulullah SAW. Dalam keadaan seperti itu, seekor kalajengking menyengat Imam Malik RA sebanyak 16 kali. Air muka Imam Malik RA terlihat berubah, namun ia tetap meneruskan menyampaikan hadist. Tatkala majelis hadist berakhir dan para hadirin sudah membubarkan diri, Imam Ibnu Mubarak segera menghampiri Imam Malik RA.

"Wahai Abu Abdillah, sungguh aku tadi melihat peristiwa yang luar biasa dari dirimu."

Kata Ibnu Mubarak RA. Lalu ia menyampaikan perihal sengatan kalajengking itu.

"Sungguh aku teramat malu untuk memotong hadist Rasulullah SAW hanya karena sengatan kalajengking."

Jawab Imam Malik RA.,

Subhanallah, sungguh tinggi rasa cinta dan penghormatan beliau Imam Malik RA kepada Rasulullah SAW., hingga beliau tak kuasa untuk memotong kalam Hadits Nabi SAW walau beliau dalam keadaan udzur, yaitu terkena sengatan kalajengking hingga sebanyak 16x. Beginilah keadaan Sang Pecinta yang sesungguhnya. Ia tak ingin memotong kalam seorang yang ia cinta.

Sumber :  Buku Kangen hal 54 - 55

Karangan :  Habib Novel bin Muhammad Alaydrus

Post a Comment for "Ketika Imam Malik Disengat Kalajengking Hingga 16X"