7 Peristiwa Penting Di Dunia Di Tanggal 5 Mei


Peristiwa 5 Mei Di Dunia. Ilustrasi Photo by Google


Banyak peristiwa-peristiwa penting di dunia yang terjadi pada bulan Mei, terutama tanggal 5 Mei seperti saat tulisan ini di post. Berikut kami rangkum peristiwa-peristiwa penting di dunia yang terjadi pada tanggal 5 Mei;


1.    5 Mei 1260 : Kubailai Khan Mulai Memerintah Kekaisaran Mongolia


Kubailal Khan, Foto : Google


Kubilai Khan adalah kaisar Mongol kelima yang berkuasa antara 1260-1294. Pada 1271, ia juga mendirikan Dinasti Yuan untuk memenuhi ambisinya sebagai kaisar China. Kubilai Khan pun resmi menjadi bangsa Mongol pertama yang menguasai seluruh China setelah menaklukkan Dinasti Song pada 1279. Di bawah pemerintahannya, Dinasti Yuan mampu menguasai seluruh China, Mongolia, Korea, dan beberapa wilayah di sekitarnya. Sementara wilayah kekuasaan Kekaisaran Mongol mencapai Samudra Pasifik, Laut Hitam, Siberia, hingga Afghanistan. Selama berkuasa, Kubilai Khan juga menebarkan pengaruh hingga Timur Tengah dan Eropa. Ia bahkan mengangkat penjelajah asal Italia, Marco Polo, sebagai salah satu pejabat penting di kekaisarannya. Pada 5 Mei 1260, Kubailai Khan berhasil memerintah dan menguasai Kekaisaran Mongolia setelah memenangkan peperangan sauadara dengan Arike Boke.


2.    5 Mei 1494 : Christopher Colombus Menemukan Jamaika


Christhoper Colombus, Foto : Google


Christopher Columbus adalah seorang navigator andal yang berasal dari Negara Italia. Namanya dikenal sebagai penemu Benua Amerika dan pelayarannya menandai awal abad kolonialisasi lintas Samudra Atlantik. Pada akhir abad ke-15, Christopher Columbus melakukan empat kali penjelajahan melintasi Samudra Atlantik dari Spanyol. Tujuan Christopher Columbus melakukan penjelajahan adalah untuk menemukan rute dari Eropa ke Asia, tetapi ia justru menemukan Amerika.

Pada September 1493, Christopher Columbus kembali ke Amerika hanya untuk menemukan pemukiman Hispaniola yang ditinggalkannya telah hancur. Ia lantas menugaskan dua saudaranya, Bartolomeo dan Diego Columbus, untuk membangun kembali daerah tersebut. Sementara itu, Columbus melanjutkan pelayaran ke barat untuk mencari emas dan barang-barang berharga lainnya, tetapi tidak membuahkan hasil. Christhoper Colombus menemukan Jamaika dalam pelayaran keduanya.


3.    5 Mei 1646 :  Raja Charles I Menyerah Di Skotlandia


Raja Charles I, Foto : Google


Charles, anggota House of Stuart, naik ke takhta Inggris pada 1625 setelah kematian sang ayah, Raja James VI of Scotland atau James I of England.

Besar di Skotlandia, Charles pindah ke Inggris setelah ayahnya mewarisi takhta kerajaan pada 1603, di mana ia menghabiskan sebagian besar sisa hidupnya.

Charles menjadi pewaris takhta Inggris, Skotlandia dan Irlandia pada kematian kakak laki-lakinya, Henry Frederick, Prince of Wales, pada tahun 1612.

Pada 1642, perjuangan sengit antara raja dan Parlemen untuk supremasi pemerintahan Britania menyebabkan pecahnya perang saudara Inggris pertama.

Para anggota Parlemen dipimpin oleh Oliver Cromwell, yang pasukan Ironsides-nya yang tangguh memenangkan kemenangan penting melawan pasukan Royalis raja di Marston Moor pada 1644 dan di Naseby pada 1645.

Sebagai pemimpin New Model Army dalam perang sipil Inggris kedua, Cromwell membantu mengusir invasi Royalis Raja ke Skotlandia, dan pada 1646, Charles yang terdesak di Bumi Highlanders menyerah kepada pasukan Skotlandia pro-Cromwell.


4.    5 Mei 1864 : Pertempuran Wilderness Dimulai


Pertempuran Wilderness, Foto : Google


Pertempuran Wilderness terjadi pada tanggal 5–7 Mei 1864, adalah pertempuran pertama Letnan Jenderal Ulysses S. Kedua pasukan menderita banyak korban, sekitar 5.000 orang tewas secara total, pertanda perang berdarah atrisi oleh Grant melawan Tentara Lee dan, akhirnya, ibu kota Konfederasi, Richmond, Virginia.

Ulysses Grant, Jenderal pasukan Union, berencana mencegat pasukan Konfederasi Jenderal Robert Lee yang hendak kembali ke Richmond, ibukota Konfederasi. Namun ketika mengetahui niat musuh, Lee segera menggerakkan pasukannya untuk menyerang Grant. Pasukan Union dan Konfederasi bentrok di Wilderness, Spotsylvania County, Virginia, medan tempur yang amat berat berupa hutan lebat dan semak belukar yang mudah terbakar. Di tengah kerimbunan hutan, kabut, asap, dan api, kedua pasukan terlibat pertempuran yang kalut, sampai ada jenderal Konfederasi tertembak oleh pasukannya sendiri, yang baru berakhir ketika kebakaran besar memaksa kedua pihak mundur.


5.    5 Mei 1944 : Mahatma Gandhi Bebas Dari Penjara


Mahatma Gandhi, Foto : Google


Mohandas Karamchand Gandhi adalah seorang pemimpin spiritual dan politikus dari India. Gandhi adalah salah seorang yang paling penting yang terlibat dalam Gerakan Kemerdekaan India. Ia adalah aktivis yang menggunakan perlawanan tanpa kekerasan, mengusung gerakan kemerdekaan melalui aksi demonstrasi damai. Pada masa kehidupan Gandhi, banyak negara yang merupakan koloni Britania Raya. Penduduk di koloni-koloni tersebut mendambakan kemerdekaan agar dapat memerintah negaranya sendiri.


6.    5 Mei 1945 : Laksamana Karl Donitz Berkuasa


Laksamana Karl Donitz, Foto : Google


Karl D̦nitz (16 September 1891 Р24 Desember 1980) adalah pemimpin angkatan laut di Jerman selama Perang Dunia II, sekaligus menjabat sebagai Presiden Jerman setelah meninggalnya Adolf Hitler.


7.    5 Mei 1980 : Petisi 50


Foto Ilustrasi Petisi 50, Foto : Google


Petisi 50 adalah sebuah dokumen yang isinya memprotes penggunaan filsafat negara Pancasila oleh Presiden Soeharto terhadap lawan-lawan politiknya. Petisi ini diterbitkan pada 5 Mei 1980 di Jakarta sebagai sebuah "Ungkapan Keprihatinan" dan ditandatangani oleh 50 orang tokoh terkemuka Indonesia, termasuk mantan Kepala Staf Angkatan Bersenjata Jenderal Nasution, mantan Kapolri Hoegeng Imam Santoso, mantan Gubernur Daerah Khusus Ibukota Jakarta Ali Sadikin,[1] serta mantan Perdana Menteri Burhanuddin Harahap, Pemuda Piliran Tarsidi Carok dan Mohammad Natsir.

Para penandatangan petisi ini menyatakan bahwa Presiden telah menganggap dirinya sebagai pengejawantahan Pancasila; bahwa Soeharto menganggap setiap kritik terhadap dirinya sebagai kritik terhadap ideologi negara Pancasila;[2] Soeharto menggunakan Pancasila "sebagai alat untuk mengancam musuh-musuh politiknya"; Soeharto menyetujui tindakan-tindakan yang tidak terhormat oleh militer; sumpah prajurit diletakkan di atas konstitusi; dan bahwa prajurit dianjurkan untuk "memilih teman dan lawan berdasarkan semata-mata pada pertimbangan Soeharto".




Referensi :

https://www.kompas.com/stori/read/2021/07/28/160000379/kisah-pelayaran-christopher-columbus?page=all

https://www.kompas.com/stori/read/2021/08/02/090000279/kubilai-khan-penguasa-terbesar-asia?page=all#:~:text=KOMPAS.com%20%2D%20Kubilai%20Khan%20adalah,menaklukkan%20Dinasti%20Song%20pada%201279

https://www.liputan6.com/global/read/3882821/30-1-1649-pemenggalan-kepala-raja-pemicu-perang-saudara-inggris

http://pustaka.ummulqurobogor.org/index.php?p=show_detail&id=5942&keywords=

https://www.sridianti.com/soal/siapa-yang-memenangkan-pertempuran-wilderness-dan-spotsylvania.html

https://id.wikipedia.org/wiki/Mohandas_Gandhi

https://id.wikipedia.org/wiki/Karl_D%C3%B6nitz

https://id.wikipedia.org/wiki/Petisi_50

Post a Comment for "7 Peristiwa Penting Di Dunia Di Tanggal 5 Mei"