Ada Peristiwa Apa Saja Di Tanggal 16 Mei? Simak Selengkapnya!

 

Marie Antoniette. Foto : Google.com

Al Azmi's Blog - 16 Mei adalah hari ke-136 (hari ke-137 dalam tahun kabisat) dalam kalender Gregorian. Ada berbagai peristiwa-peristiwa penting di dunia yang terjadi di tanggal 16 Mei. Apa saja? Berikut peristiwa-peristiwa penting di dunia yang terjadi di tanggal 16 Mei.

1. 16 Mei 1770 : Marie Antoniette Menikah Dengan Louis-Auguste


Marie Antoniette. Foto : Google.com


Marie Antoinette (/ˌæntwəˈnɛt, ˌɒ̃twə-/;[1] bahasa Perancis: [maʁi ɑ̃twanɛt]; lahir Maria Antonia Josepha Johanna; 2 November 1755 – 16 Oktober 1793) adalah Ratu Prancis terakhir sebelum Revolusi Prancis. Dia lahir di Austria, dan anak ke-15 dari 16 anak Maria Theresa dan Francis I, Kaisar Romawi Suci.


2. 16 Mei 1929 : Penghargaan Oscar Pertama Diberikan Di Hollywood Rooselvet Hotel Di Hollywood


Piala Oscar. Foto : Google.com


Academy Award atau disebut juga piala Oscar adalah penghargaan film Amerika untuk menghargai karya dalam industri film. Berbagai kategori pemenang diberikan penghargaan berupa sebuah salinan patung oleh Academy Award of Merit, yang lebih dikenal dengan julukan Oscar. Penghargaan ini pertama kali diselenggarakan pada tahun 1929 di Hotel Hollywood Roosevelt, dan diawasi oleh Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS).


3. 16 Mei 1975 : India Menganeksasi Sikkim


Pemandangan Alam di Sikkim. Foto : Google.com


Sikkim adalah sebuah negara bagian yang terkurung daratan di India dan terletak di pegunungan Himalaya. Berbatasan negara Nepal di sebelah barat, Daerah Otonomi Tibet Republik Rakyat Tiongkok di utara dan timur dan Bhutan ke arah tenggara. Negara bagian Benggala Barat berbatasan dengan Sikkim ke selatan.

Legenda mengatakan bahwa orang suci Buddha Guru Rinpoche mengunjungi Sikkim pada abad ke-9, memperkenalkan Buddhisme dan menubuatkan era monarki. Memang, dinasti Namgyal didirikan pada tahun 1642. Selama 150 tahun berikutnya, kerajaan menyaksikan serangan yang sering terjadi dan kerugian teritorial kepada penyerbu Nepal. Ia bersekutu dengan penguasa Inggris di India, tetapi segera dicaplok oleh mereka. Kemudian, Sikkim menjadi protektorat Inggris, sebelum bergabung dengan India setelah referendum pada tahun 1975.


4. 16 Mei 1991 : Ratu Elizabeth II Menjadi Penguasa Inggris Pertama Yang Berpidato Di Kongres AS


Ratu Elizabeth II. Foto : Google.com


Ratu Elizabeth II (Elizabeth Alexandra Mary, lahir 21 April 1926[catatan 1]) [1] adalah Ratu monarki konstitusional dari 16 negara berdaulat (dikenal sebagai Alam Persemakmuran) dan teritori beserta dependensinya, serta ketua dari 54 anggota Negara-Negara Persemakmuran. Ratu Elizabeth juga merupakan Gubernur Agung Gereja Inggris.

Setelah naik takhta pada tanggal 6 Februari 1952, Ratu Elizabeth menjadi Ketua Persemakmuran sekaligus ratu dari tujuh Alam Persemakmuran (Commonwealth Realms) merdeka, yaitu: Britania Raya, Kanada, Australia, Selandia Baru, Afrika Selatan, Pakistan dan Sri Lanka. Sejak tahun 1956 hingga 1992, jumlah Alam Persemakmuran nya bervariasi dan beberapa wilayah merdeka bertransformasi menjadi negara republik. Saat ini, selain empat negara pertama yang disebut di atas, Elizabeth juga merupakan Ratu dari Jamaika, Bahama, Grenada, Papua Nugini, Kepulauan Solomon, Tuvalu, Saint Lucia, Saint Vincent dan Grenadines, Belize, Antigua dan Barbuda, serta Saint Kitts dan Nevis. Masa pemerintahannya selama 70 tahun merupakan masa pemerintahan terlama dalam sejarah Monarki Britania Raya melampaui masa pemerintahan nenek buyutnya, Ratu Victoria, yang memerintah selama 63 tahun.

Itulah beberapa peristiwa penting di dunia yang terjadi di tanggal 16 Mei. Semoga bermanfaat. (FY)


Referensi :

https://www.kompas.com/stori/read/2022/04/30/200000579/peristiwa-bersejarah-di-bulan-mei

https://id.wikipedia.org/wiki/16_Mei

https://id.wikipedia.org/wiki/Marie_Antoinette

https://id.wikipedia.org/wiki/Academy_Award

https://id.wikipedia.org/wiki/Elizabeth_II_dari_Britania_Raya

https://id.wikipedia.org/wiki/Sikkim


Post a Comment for "Ada Peristiwa Apa Saja Di Tanggal 16 Mei? Simak Selengkapnya!"