Monday, July 26, 2021

Kisah Karomah Luar Biasa Habib Hasan bin Abdurrahman Assegaf

 


Al Habib Hasan bin Abdurrahman Assegaf  dikenal sebagai seorang wali yang besar karomahnya. Diriwayatkan bahwa pada suatu hari, waktu beliau masih muda, beliau sering keluar berburu bersama kawan-kawannya. Dalam suatu perburuan, ketika rombongannya kehabisan bekal, mereka mengeuh dan ketakutan. Habib Hasan lantas keluar dari rombongan sebentar. Sekembalinya beliau, mereka dapatkan beliau membawa segantang buah kurma yang masih segar.

Diriwayatkan pula bahwasannya ada seseorang yang memberi Habib Hasan pinjaman delapan gantang kurma. Pada suatu hari, ketika orang itu menagihnya, beiau dapatkan kurma yang dititipkan di rumah sauadara wanitanya ternyata tinggal lima gantang, sedangkan beliau tidak punya sesuatu apapun untuk menggantinya. Kurma itu lantas diambilnya, kemudian dibolak-balikan. Anehnya ketika kurma itu ditimbang kembali, beliau dapatkan jumlah kuarma tersebut menjadi delapan gantang.

Diriwayatkan pula, bahwa ketika salah seorang muridnya meminta izin hendak berkunjung ke rumah beliau. Beliau berkata pada isterinya: “Buatkan untuk suamimu hidangan yang istimewa”. Istrinya menjawab: “Siapa lagi suamiku selain engkau?” Habib Hasan menimpali, “Muridku itu akan jadi suamimu kelak setelah aku meninggal”. Apa yang dikatakan oleh beliau ternyata benar. Sepeninggalnya, isterinya dinikahkan dengan muridnya.

Diriwayatkan, ada seorang murid Habib Hasan yang mengikuti beliau waktu berziarah ke suatu makam. Sekembalinya dari makam, waktu keduanya berjalan di bawah terik matahari yang sangat panas, sang murid mengeluh tidak dapat menginjakan kedua telapaknya di bumi yang sepanas itu. Habib Hasan berkata: “Letakan kakimu pada bekas telapk kakiku”. Sang murid itu menjalankan perintahnya, sehingga tidak merasa kepanasan lagi.

Habib Hasan bin Abdurrahman Assegaf wafat di Kota Tarim, Hadramaut, Yaman pada tahun 813 H.

 

Sumber : Kisah Keramat Para Wali Allah, Ali Yunus Al Muhdar, 2000 (dengan diedit)


Baca Juga
Share:

0 komentar:

Kisah Sang Kekasih

Subscribe Channel Kami