Inilah 7 Peristiwa Yang Pernah Terjadi Di Dunia Pada Tanggal 17 Mei

 

Monumen Proklamasi 17 Mei 1949. Foto : Google.com

Al Azmi's Blog - 17 Mei adalah hari ke-137 (hari ke-138 dalam tahun kabisat) dalam kalender Gregorian. Ada banyak peristiwa-peristiwa di dunia yang terjadi di tanggal 17 Mei. Berikut kami rangkum beberapa peristiwa penting di dunia yang terjadi di tanggal 17 Mei.

1. 17 Mei 1742 : Pertempuran Chotuzitz


Pertempuran Chotuzitz. Foto : Wikipedia


Pertempuran Chotusitz atau Chotusice, kadang-kadang disebut Pertempuran Czaslau, adalah pertempuran yang berlangsung pada 17 Mei 1742 di Bohemia antara Austria yang dipimpin oleh Pangeran Karl Alexander dari Lorraine melawan Prusia di bawah pimpinan Friedrich yang Agung. Pertempuran ini merupakan bagian dari Perang Penerus Austria, yang kadang-kadang disebut Perang Silesia Pertama. Jumlah tentara Austria adalah 30.000, sementara Prusia memiliki sekitar 28.000; Prusia memiliki lebih banyak infantri, sementara Austria memiliki lebih banyak kavaleri. Tentara Austria mencoba merebut kembali Praha yang ditelah diduduki oleh Prusia, dan Prusia mencoba mencegah hal tersebut. Pertempuran ini penting karena merupakan satu-satunya pertempuran besar yang dimulai oleh Austria dalam perang ini.


2. 17 Mei 1792 : Bursa Saham New York Didirikan


Bursa Saham New York. Foto : Google.com


Bursa Efek New York (bahasa Inggris: New York Stock Exchange; sering disebut sebagai NYSE) adalah salah satu bursa saham terbesar di dunia. Bursa ini terletak di 11 Wall Street, Lower Manhattan, New York City, New York, Amerika Serikat.

NYSE dioperasikan oleh NYSE Euronext (NYSE: NYX), yang dibentuk oleh penggabungan NYSE pada tahun 2007 dengan bursa saham elektronik sepenuhnya Euronext. Lantai perdagangan NYSE terletak di 11 Wall Street dan terdiri dari empat kamar yang digunakan untuk fasilitasi perdagangan. Sebuah lantai perdagangan kelima terletak di 30 Broad Street dan ditutup pada Februari 2007. Bangunan utama terletak di 18 Broad Street, antara sudut-sudut Wall Street dan Exchange Place, ditetapkan sebagai National Historic Landmark pada tahun 1978, seperti bangunan di 11 Wall Street.


3. 17 Mei 1926 : Chiang Kai-Shek Diangkat Sebagai Panglima Tertinggi Di Kanton, Tiongkok


Chiang Kai Shek. Foto : Google.com


Chiang Kai Shek (Hanzi: 蔣介石, Pinyin: Jiang Jieshi, 31 Oktober 1887 – 5 April 1975) adalah seorang pemimpin militer Tiongkok abad ke-20. Ia juga dikenal dengan nama Jiang Zhongzheng (蒋中正) di Taiwan. Chiang juga salah satu petinggi di Partai Kuomintang (KMT) sebagai Komandan Akademi Militer Whampoa yang pertama, yang didirikan oleh Partai Kuomintang atas inisiatif Sun untuk mencapai tujuan revolusi. Ia juga menggantikan Sun Yat Sen menjadi pemimpin KMT ketika Sun meninggal pada tahun 1925. Pada tahun 1926, Chiang memimpin Ekspedisi Utara untuk mempersatukan Tiongkok yang pada masa itu sedang terpecah oleh pemimpin perang yang berkuasa di daerah setelah runtuhnya Dinasti Qing. Dia menjabat sebagai Ketua Dewan Militer Nasional pemerintahan Nasionalis Republik Tiongkok (Republik Tiongkok) pada tahun 1928-1948. Chiang memimpin Tiongkok dalam Perang Tiongkok-Jepang Kedua. Pada saat itu kekuasaan pemerintah Nasionalis sangat lemah, namun ia semakin menonjol. Tidak seperti Sun Yat Sen, Chiang Kai Shek secara sosial berpaham konservatif. Ia mempromosikan budaya tradisional Tionghoa melalui Gerakan Hidup Baru dan menolak demokrasi Barat. Dia juga menolak paham sosialisme demokratis nasionalis yang didukung oleh Sun Yat Sen dan beberapa anggota untuk membentuk pemerintahan otoriter nasionalis.


4. 17 Mei 1949 : Proklamasi Kalimantan


Proklamasi Kalimantan. Foto : Google


Proklamasi Kalimantan 17 Mei 1949 adalah sebuah proklamasi yang menyatakan Kalimantan bagian yang tak terpisahkan dari Republik Indonesia sebagai reaksi atas Perjanjian Linggarjati yang menyatakan hanya pulau Jawa yang merupakan wilayah Republik Indonesia.


5. 17 Mei 1950 : Pendirian Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI)


Logo IKAPI. Foto : Google.com


Ikatan Penerbit Indonesia adalah perhimpunan profesi penerbit buku di Indonesia yang didirikan pada tanggal 17 Mei 1950 di Jakarta. Pendirian Ikatan Penerbit Indonesia dipelopori oleh Sutan Takdir Alisjahbana, M. Jusuf Ahmad, dan Achmad Notosoetardjo dalam rangka nasionalisasi perhimpunan setelah kemerdekaan Negara Indonesia. Asas dan prinsip yang diterapkan oleh Ikatan Penerbit Indonesia adalah asas Pancasila, gotong royong dan kekeluargaan.


6. 17 Mei 1967 : Perang Enam Hari : Presiden Mesir Abdul Naseer Meminta Peleburan Pasukan Darurat PBB Di Mesir


Perang Enam Hari. Foto : Google.com


Perang Enam Hari (bahasa Ibrani: מלחמת ששת הימים‎, Milhemet Syesyet Hayamim; bahasa Arab: حرب الأيام الستة‎, Harbul Ayyamus Sittah), yang disebut pula Musibah Kemunduran (bahasa Arab: النكسة‎, An-Naksah), Perang Juni, Perang Arab-Israel Ketiga, Perang Arab-Israel 1967, atau Perang 1967 (bahasa Arab: حرب ۱۹٦۷‎, Ḥarb 1967), adalah perang antara Israel dan tiga negara Arab tetangganya, yakni Mesir (kala itu bernama Republik Arab Bersatu), Yordania, dan Suriah, yang berlangsung dari tanggal 5-10 Juni 1967.


7. 17 Mei 1973 : Watergate : Sidang Dimulai Di Senat AS & Disiarkan Di Televisi


Skandal Watergate. Foto : Google.com


Skandal Watergate (1972-1974) (atau disebut langsung "Watergate") adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan serangkaian skandal politik di Amerika Serikat yang mengakibatkan pengunduran diri Presiden Richard Nixon dan mengakibatkan krisis konstitusi yang menghebohkan pada tahun 1970-an.[1] Peristiwa ini dinamakan menurut nama sebuah hotel di Washington, D.C. tempat di mana skandal tersebut terjadi. Hotel ini merupakan bagian dari kesatuan properti yang terdiri dari berbagai kantor, hotel, dan apartemen.


Itulah beberapa peristiwa-peristiwa penting di dunia di tanggal 17 Mei yang telah kami himpun dari beberapa sumber.

Semoga bermanfaat.


(fy/fy)


Referensi :

https://www.kompas.com/stori/read/2022/04/30/200000579/peristiwa-bersejarah-di-bulan-mei

https://id.wikipedia.org/wiki/Pertempuran_Chotusitz

https://id.wikipedia.org/wiki/17_Mei

https://id.wikipedia.org/wiki/Bursa_Efek_New_York

https://id.wikipedia.org/wiki/Chiang_Kai-shek

https://id.wikipedia.org/wiki/Perang_Enam_Hari

https://id.wikipedia.org/wiki/Ikatan_Penerbit_Indonesia17 

Post a Comment for "Inilah 7 Peristiwa Yang Pernah Terjadi Di Dunia Pada Tanggal 17 Mei"