Inilah Peristiwa Di Dunia Yang Pernah Terjadi Di Tanggal 22 Mei

 

Alexander Agung. Foto : Google

22 Mei adalah hari ke-142 (hari ke-143 dalam tahun kabisat) dalam kalender Gregorian. Ada banyak peristiwa-peristiwa di dunia yang terjadi di tanggal 22 Mei.

Berikut beberapa peristiwa yang terjadi di tanggal 22 Mei :

1. 22 Mei 334 SM: Tentara Makedonia Alexander Agung Mengalahkan Darius III

Alexander Agung. Foto : Google

Aleksander III dari Makedonia (20/21 Juli 356 – 10/11 Juni 323 SM), lebih dikenal sebagai Aleksander Agung (bahasa Yunani: Μέγας Ἀλέξανδρος, Mégas Aléxandros) adalah Raja Makedonia (bahasa Yunani: Βασιλεύς Μακεδόνων), Firaun Mesir, dan Raja Diraja Iran yang berkuasa sampai 323 SM. Pada usia tiga puluh tahun, dia memimpin sebuah kekaisaran terbesar pada masa sejarah kuno, membentang mulai dari Laut Ionia sampai pegunungan Himalaya. Dia tidak pernah terkalahkan dalam pertempuran dan dianggap sebagai komandan perang terhebat sepanjang masa.[1] Aleksander lahir di Pella pada 356 SM dan merupakan murid seorang filsuf terkenal, Aristoteles. Pada tahun 336 SM, Aleksander menggantikan ayahnya, Filipus II, sebagai pemimpin Makedonia setelah ayahnya dibunuh oleh pembunuh gelap. Filipus sendiri telah menaklukkan sebagian besar negara-kota di daratan utama Yunani ke dalam hegemoni Makedonia, melalui militer dan diplomasi.

Pada tahun 334 SM dia menginvasi daerah kekuasaan Persia di Asia Minor dan memulai serangkaian kampanye militer yang berlangsung selama sepuluh tahun. Aleksander mengalahkan Persia dalam sejumlah pertempuran yang menentukan, yang paling terkenal antara lain Pertempuran Issos dan Pertempuran Gaugamela. Aleksander lalu menggulingkan kekuasaan Raja Diraja Iran, Darius III, dan menaklukkan keseluruhan Kekasiaran Iran Akhemeniyah. Kekaisaran Makedonia kini membentang mulai dari Laut Adriatik sampai Sungai Indus.


2. 22 Mei 1176 - Salahuddin Lolos Dari Percobaan Pembunuhan Oleh Hashshashin Di Dekat Aleppo


Ilustrasi Salahuddin Al Ayyubi. Foto : Google


An-Nashir Salahuddin Yusuf Ibn Ayyub (bahasa Kurdi: سەلاحەدینی ئەییووبی; bahasa Arab: الناصر صلاح الدين يوسف بن أيوب, translit. an-Nāṣir Ṣalāḥ ad-Dīn Yūsuf ibn Ayyūb‎; (c. 1138 - 4 Maret 1193) adalah seorang jenderal Panglima dan pejuang muslim Kurdi dari Tikrit (daerah utara Irak saat ini). Ia mendirikan Dinasti Ayyubiyyah di Mesir, Suriah, sebagian Yaman, Irak, Mekkah-Medinah Hejaz dan Diyar Bakr Oman [Pelestina]

Ia lebih dikenal dengan nama julukannya yaitu, 'Salah Aladin al-Ayyubi/Saladin/Salah ad-Din' (Bahasa Arab: صلاح الدين الأيوبي, Kurdistan: صلاح الدین ایوبی). Salahuddin terkenal di dunia Islam karena Memimpin, Strategi militer, dan sifatnya yang ksatria dan Adil pada saat ia berperang melawan Ksatria Salib. Salahuddin Al Ayyubi juga adalah seorang Ulama. Ia memberikan catatan kaki dan penjelasan kitab sunan hadits Abu Dawud.


3. 22 Mei 1200 : Perjanjian Le Goulet Ditandatangani Oleh Perancis dan Inggris


Perjanjian Le Goulet. Foto : Google


Perjanjian Le Goulet adalah sebuah perjanjian yang disepakati pada Mei 1200 oleh Kerajaan Inggris dan Kerajaan Prancis.

Menurut perjanjian ini, John dari Inggris dan Philippe II dari Prancis akan mengakhiri perang yang memperebutkan Kadipaten Normandie, dan kemudian Blanche dari Kastilia menikah dengan Louis VIII dari Prancis.


4. 22 Mei 1939 : Adolf Hitler & Benito Mussolini Menandatangani Pakta Baja Di Berlin


Pakta Baja. Foto : Google


Pakta Baja (bahasa Jerman: Stahlpakt, bahasa Italia: Patto d'Acciaio), yang secara resmi dikenal sebagai Pakta Persahabatan dan Aliansi antara Jerman dan Italia, adalah sebuah aliansi militer dan politik antara Kerajaan Italia dan Jerman.

Pakta tersebut awalnya disusun sebagai aliansi militer tripartit antara Jepang, Italia dan Jerman. Meskipun Jepang ingin fokus pakta tersebut ditujukan ke Uni Soviet, Italia dan Jerman ingin fokus pakta tersebut ditujukan ke Britania dan Prancis. Karena ketidaksepakatan tersebut, pakta tersebut ditandatangani tanpa Jepang dan menjadi sebuah perjanjian antara Fasis Italia dan Jerman Nazi, yang ditandatangani pada 22 Mei 1939 oleh menteri luar negeri Galeazzo Ciano dari Italia dan Joachim von Ribbentrop dari Jerman. 

Pemimpin Italia Benito Mussolini yang menjuluki perjanjian tersebut "Pakta Baja", setelah berkata bahwa nama aslinya, "Pakta Darah", khawatir kurang diterima di Italia.


5. 22 Mei 1972 : Ceylon Mengubah Nama Menjadi Sri Lanka


Peta Ceylon atau Sri Lanka. Foto : Google


Republik Sosialis Demokratis Sri Lanka (bahasa Sinhala: ශ්රී ලංකා </noinclude>; bahasa Tamil: இலங்கை; bahasa Inggris: Democratic Socialist Republic of Sri Lanka) adalah sebuah negara pulau di sebelah utara Samudera Hindia di pesisir tenggara India. Sri Lanka berbatasan laut dengan India di sebelah barat laut dan dengan Maladewa di barat daya. Hingga tahun 1972, dunia internasional menyebut negara ini Ceylon (bahasa Indonesia: Sailan)


6. 22 Mei 1990 : Republik Arab Yaman dan Republik Rakyat Demokratik Yaman Bersatu Menjadi Republik Yaman


Republik Yaman. Foto : Google


Republik Yaman adalah sebuah negara di Jazirah Arab di Asia Barat Daya, bagian dari Timur Tengah. Yaman berbatasan dengan Laut Arab di sebelah selatan, Teluk Aden dan Laut Merah di sebelah barat, Oman di sebelah timur dan Arab Saudi di sebelah utara. Orang-orang keturunan Arab di Indonesia sebagian besarnya berasal dari negara ini.

Penduduk Yaman diperkirakan berjumlah sekitar 23 juta jiwa. Luas negara ini sekitar 530.000 km2 dan wilayahnya meliputi lebih dari 200 pulau. Pulau terbesarnya, Sokotra, terletak sekitar 415 kilometer dari selatan Yaman, di lepas pantai Somalia. Yaman adalah satu-satunya negara republik di Jazirah Arab.

 


(fy/fy)


Referensi :

https://www.kompas.com/stori/read/2022/04/30/200000579/peristiwa-bersejarah-di-bulan-mei

https://id.wikipedia.org/wiki/22_Mei

https://id.wikipedia.org/wiki/Aleksander_Agung

https://id.wikipedia.org/wiki/Salahuddin_Ayyubi

https://id.wikipedia.org/wiki/Perjanjian_Le_Goulet

https://id.wikipedia.org/wiki/Pakta_Baja

https://id.wikipedia.org/wiki/Sri_Lanka

https://id.wikipedia.org/wiki/Yaman?tableofcontents=0


Post a Comment for "Inilah Peristiwa Di Dunia Yang Pernah Terjadi Di Tanggal 22 Mei"