9 Fakta Tentang Sungai Aare Di Bern City Swiss, Tempat Eril Tenggelam

 

Sungai Aare, Bern, Swiss.

Sungai Aare di Swiss menjadi perbincangan publik belakangan ini. Hal ini karena adanya kabar duka dari keluarga Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Dimana anak sulungnya, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril dilaporkan tenggelam saat berenang di sungai Aare, Kota Bern, Swiss pada Kamis pekan lalu (26/05/2022) waktu setempat.

Setelah dilakukan upaya pencarian oleh Tim SAR, Polisi dan berbagai relawan, Eril tak kunjung ditemukan. 

Perwakilan dari keluarga Ridwan Kamil, Erwin Muniruzaman mengatakan bahwa Eril telah wafat.

"Emmeril Kahn Mumtadz atau yang dikenal Eril sudah wafat berpulang ke Rahmatullah," kata Erwin di gedung Pakuan, Bandung, Jum'at (3/6).

Sungai Aare merupakan salah satu tempat wisata populer di Swiss. Sungai ini terkenal dengan airnya yang jernih dan berwarna indah. Melansir dari berbagai sumber, berikut beberapa fakta unik tentang Sungai Aare di Swiss.


9 Fakta Menarik Tentang Sungai Aare di Swiss

1.  Sungai Aare, Sungai Terpanjang di Swiss

Sungai Aare atau dikenal sebagai Aar, adalah sungai terpanjang yang mengalir melalui area seluas 17.780 kilometer persegi di Swiss. Membentang hingga 288 kilometer, Aare adalah sungai terpanjang di Swiss.

Sungai ini sangat populer karena melewati berbagai desa dan kota kecil di Swiss, serta memiliki pemandangan yang indah. Sungai tersebut bermuara di gletser Aar Bawah dan Atas di Bernese Oberland, kemudian melintasi tiga kanton Bern, Solothurn dan Aargau dan empat danau (Danau Brienz, Thun, Wohlen dan Biel). Rute utara berakhir di Koblenz.


2. Sungai Aare Memberikan Perlindungan Besar dari Prajurit Asing di Abad Pertengahan

Setelah kepunahan dinasti Zahringen pada tahun 1218, Bern menjadi kota kekaisaran yang mandiri. Saat itu, kota Bern hanya tersebar di bagian bawah semenanjung.

Sungai Aare memberi warganya perlindungan besar dari tentara asing di tiga sisi kota. Pada abad ke-18 Bern memerintah 52 wilayah, dan para bangsawannya memegang kekuasaan yang cukup besar.





3. Di Sungai Aare Ada 17 Jembatan Penyeberangan

Di sekitar Sungai Aare, ada total 17 jembatan yang membentang di sungai Aare di kota Bern (tidak termasuk rel kereta api dan jembatan jalan raya).

Yang tertua, dan salah satu jembatan tertua di Swiss, adalah Untertorbrucke (Jembatan Untertor). Jembatan ini menghubungkan distrik Matte dengan Altenberg dan selesai dibangun pada tahun 1487.

Sampai jembatan tingkat tinggi pertama dibangun pada abad ke-19, Untertor Brucke adalah satu-satunya jalur pejalan kaki dan kendaraan melintasi sungai Aare ke kota Bern.


4. Kawasan Lindung Tepian Sungai Aare Termasuk Kawasan Konservasi

Dataran di sepanjang sungai Aare dikatakan sebagai ekosistem yang sangat sensitif. Akibatnya, hampir seluruh lanskap sungai antara Thun dan Bern dilindungi.

Pemerintah kota meminta semua orang yang tinggal di sekitar atau di sungai Aare untuk menghormati alam, tidak meninggalkan sampah atau mengganggu hewan yang tidak perlu.





5. Sungai Aare Bukan Sekedar Untuk Berenang

Selain untuk berenang, Sungai Aare juga diperbolehkan untuk kegiatan arung jeram. Rekor dunia untuk arung jeram di Sungai Aare dibuat di Bern pada tahun 2012, ketika total 1.268 orang secara bersamaan mengarungi sungai dengan perahu karet, dari Kiesen ke Eichholz.


6. Sungai Aare Adalah Warisan Budaya Takbenda Swiss

Pada tahun 2017, UNESCO menetapkan bahwa berenang di Sungai Aare termasuk dalam daftar tradisi, dan karenanya merupakan bagian dari warisan budaya takbenda Swiss.

Kantor Kebudayaan Federal Swiss memutuskan kegiatan mana yang diklasifikasikan sebagai "living tradition (tradisi hidup)". Daftar tersebut mencerminkan keragaman budaya Swiss dan telah secara aktif dipertahankan dan diperluas sejak 2012.





7.  Sungai Aare Terkenal Dengan Kualitas Airnya Yang Baik

Sungai Aaree memiliki kualitas air yang cukup tinggi. Hal ini sendiri terlihat dari warna air sungai yang berwarna Hijau Tosca. Tidak perlu khawatir jika kamu tidak sengaja tertelan air saat berenang di Sungai Aare. Sungai ini konon memiliki kualitas air yang sangat baik.

Hal ini dibuktikan dengan sampel air yang hasilnya menempatkan Sungai Aare dalam kategori “kualitas sangat baik” menurut Uni Eropa pada tahun 2016.


8. Sungai Aare Sumber Listrik Untuk Kereta Gantung

Marzilibhan adalah kereta gantung umum terpendek di Swiss dengan panjang 105 meter. Jalur rel ini menghubungkan distrik Marzili di sebelah Sungai Aare dengan Gedung Parlemen dan pusat kota Bern. Diluncurkan pada tahun 1885, angkutan umum ini ditenagai oleh air dari Sungai Aare hingga tahun 1973.

Di stasiun atas, tangki di bawah kabin diisi dengan air dari aliran kota. Karena beratnya, kereta yang menuju ke bawah menarik kereta yang menunggu di bawah, bersama dengan penumpangnya. Saat ini, listrik menggerakkan kereta gantung hingga ketinggian 31 meter.





9. Penduduk Bern dan Sekitar Sungai Aare Dikatakan Sangat Mencintai Sungai Aare

Sungai Aare juga memiliki arti dan cinta khusus bagi masyarakat Bern, karenanya mereka sangat menjaga dan merawat air sungai dan alirannya. Apalagi sungai ini merupakan sumber kebanggaan sekaligus mampu memberikan penghidupan bagi warga sekitar. Orang Bern memperlakukan sungai ini dengan kelembutan yang sama seperti aliran Aare Loop yang terkenal di sekitar kota.


Itulah 9 fakta tentang sungai Aare di Bern City, Swiss. Semoga keluarga Bapak Ridwan Kamil diberi kekuatan dan ketabahan untuk mengikhlaskan Eril.


Post a Comment for "9 Fakta Tentang Sungai Aare Di Bern City Swiss, Tempat Eril Tenggelam"